KELANJUTAN WORLD ZAKAT FORUM YOGYAKARTA

Pada tanggal 29 September – 2 Oktober 2010 di Jogjakarta telah berlangsung World Zakat Forum tentang zakat dengan tema ‘Meneguhkan Peran Zakat Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Umat Melalui Jejaring Zakat Internasional’. Pada pertemuan internasional zakat tersebut telah dideklarasikan lahirnya World Zakat Forum (WZF) sebagai wahana silaturahim dan interaksi gagasan pengelolaan zakat di seluruh dunia. WZF juga digagas sebagai bagian untuk merintis pemikiran tentang kerjasama pemanfaatan zakat di seluruh dunia.

Untuk pertama kalinya, Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan World Zakat Forum tersebut ditunjuk sebagai sekretariat WZF. Untuk menguatkan posisi tersebut Prof. Dr. Didin Hafidhuddin (perwakilan Indonesia) ditunjuk sebagai Sekretaris Jenderal WZF untuk masa jabatan tiga tahun (2010 – 2013). Penunjukkan ini menunjukkan pentingnya posisi Indonesia dalam kancah perkembangan zakat di dunia saat ini.

Setelah mengkonsolidasikan organisasi sekretariat jenderal di Indonesia, pada tanggal 9 – 13 Mei 2011, Tim WZF mengadakan kunjungan diplomatik bagi pengutan posisi WZF. Delegasi WZF mengunjungi D-8 di Istanbul Turki. Pada kunjungan tersebut, pihak D-8 mendukung sepenuhnya keberadaan WZF dan bersedia melakukan kerjasama bagi kebaikan kedua belah pihak. Dalam kesempatan perjalanan diplomatik tersebut, Tim WZF juga diterima oleh Menteri Agama Qatar yang menyampaikan kesediaannya untuk menjadi tuan rumah Word Zakat Forum II tahun 2013.

Menindaklanjuti kiprah tersebut, World Zakat Forum (WZF) bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) akan menyelenggarakan Konferensi Zakat Internasional (International Zakat Conference) yang bertemakan “Sustainable Zakat Development in the Poverty Alleviation and Improvement of Welfare of the Ummah”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19 – 21 Juli 2011 di IPB International Convention Center, Bogor.

Adapun dasar pertimbangan diselenggarakannya International Zakat Conference ini adalah : 1) bahwa saat ini zakat mengalami pertumbuhan yang pesat. Zakat menawarkan solusi bagi masalah perekonomian yang di hadapi sebagian besar negara-negara muslim. 2) Zakat juga dapat memberi kontribusi bagi pembangunan di setiap negara terutama sebagai instrumen jaminan sosial dalam upaya mengurangi kesenjangan antara si miskin dan si kaya serta memperkuat kemandirian ekonomi. 3)

Optimalisasi zakat bisa membantu mengurangi kemiskinan di dunia. Karenanya, koordinasi antar organisasi zakat di dunia sangat dibutuhkan sebagai solusi efektif masalah kemiskinan. World Zakat Forum (WZF) harus menjadi media penghubung antara organisasi zakat pemerintah maupun swasta. Terutama dalam mempercepat pengembangan zakat internasional.

Selain pertimbangan tersebut di atas, dalam resolusi WZF, juga disebutkan bhwa WZF harus dapat memfasilitasi diskusi-diskusi zakat yang up to date dan mencari solusi akademis dan praktis untuk mengatasi masalah kemiskinan. Dalam kerangka inilah kemudian WZF bekerjasama dengan IPB menyelenggarakan event International Zakat Conference.

Tujuan diselenggarakan International Zakat Conference ini adalah mengoptimalkan peran ekonomi zakat dalam mengurangi ketimpangan pendapatan dan kemiskinan. Juga bertujuan memfasilitasi forum dialog dan diskusi antar pembuat kebijakan, praktisi, akademisi, peneliti, mahasiswa dan pemangku kepentingan lainnya untuk mengatasi berbagai masalah zakat dan memperkuat peran zakat dalam pembangunan negara-negara muslim. Tujuan lain adalah memperkuat jaringan zakat international secara sinergis.

Dalam konferensi internasional zakat yang bertema : “Pembangunan Zakat Berkelanjutan dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan dan Peningkatan Kesejahteraan Umat” ini, dihadirkan lebih dari 30 pemakalah dalam dan luar negeri. Para penyaji makalah itu fokus untuk menyampaikan gagasan dan pengalaman praktis bagaimana zakat bisa mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat mustahik. Pengalaman dan gagasan bernas para pakar zakat dari berbagai belahan dunia ini akan memberikan sumbangsih bagi mengikis jumlah mustahik di seluruh dunia dengan kreativitas pendayagunaan zakatnya.(Sumber: Forum Zakat)

Tentang pistaza

Pusat Informasi dan Studi Zakat (Pistaza) merupakan lembaga dakwah dan Pendidikan yang memberikan penyadaran kepada masyarakat tentang pengelolaan zakat, baik melalui lembaga maupun badan amil zakat yang sudah ada. Pistaza memberikan konsultasi kepada setiap lembaga atau warga masyarakat yang membutuhkan informasi seputar zakat. Pistaza juga memberikan pelatihan-pelatihan bagi lembaga dan badan amil zakat untuk peningkatan kapasitas Amil zakat tentang bagaimana menjalankan roda kegiatan secara baik dan proesional. Informasi lebih lanjut lihat blog ini...
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s